Jumat, 21 November 2008

Profil Singkat Wilayah Cikole dan Citamiang, Kota Sukabumi


Gambar Peta Kota Sukabumi


Gambar Peta Kecamatan Cikole dan Citamiang

Kota Sukabumi adalah salah satu dari sembilan Kota di Jawa Barat. Kota Sukabumi berpenduduk sekitar 280 ribu jiwa, terdiri dari tujuh kecamatan. Kecamatan Cikole dan Citamiang adalah dua wilayah yang akan diwakili oleh Caleg PAN Aman Nurahman Sabri jika terpilih nanti.

Kecamatan Cikole masing-masing terdiri dari 6 Kelurahan, yaitu Subang Jaya, Cisarua, Cikole, Kebon Jati, Selabatu dan Gunung Parang. Sedangkan Kecamatan Citamiang terdiri dari 5 Kelurahan, yaitu Tipar, Nanggeleng, Gedong Panjang, Citamiang, dan Cikondang.

Kecamatan Cikole berpenduduk 53.188 jiwa, sedangkan Kecamatan Citamiang berpenduduk 44.229 jiwa (sumber : www.sukabumikota.go.id). Penduduknya terdiri dari berbagai macam etnis dan agama. Banyak sekali pendatang luar daerah, yang berasal dari berbagai wilayah di Tanah Air tinggal di dua kecamatan ini. Terdapat pula wilayah-wilayah yang memiliki penduduk terpadat di Kota Sukabumi berada di kedua kecamatan ini, seperti wilayah Kelurahan Cisarua, Cikole, serta wilayah Tipar, Citamiang.

Wilayah kedua kecamatan ini terletak di jantung Kota Sukabumi. Di sini juga terdapat fungsi-fungsi yang penting bagi kehidupan masyarakat, seperti perkantoran pemerintah Kota, perkantoran komersial dan jasa swasta, fasilitas publik, fasilitas pendidikan, fasilitas perdagangan, fasilitas kesehatan, fasilitas ibadah, pasar tradisional, dan ruang-ruang terbuka bagi warga kota.

Alamat Kecamatan :

Nama : Kecamatan Cikole
Camat : Wawan Gunawan P., S.Ip., M.Si.
Alamat : Jl. Mayawati Atas No. 16
Telepon : (0266) 218268

Nama : Kecamatan Citamiang
Camat : Drs. Adil Budiwan, M.Si.
Alamat : Jl. Pemuda I No. 53
Telepon : (0266) 222410

Tidak ada komentar: